Tips Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sehari-hari

Wednesday, March 23, 2016

Tips Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sehari-hari, pada umumnya  lebih ke cara merawat ayam Bangkok sebelum  dan sesudah di adu seperti latihan awal, cara  Mandi, dan menjantur. Perawatan ayam Bangkok aduan pun berbeda dengan ayam pedaging atau ayam petelur.

Merawat Ayam Bangkok di Musim Kemarau
Untuk Para pecinta Sabung Ayam perawatan Ayam Bangkok aduan tidak boleh bermalas – malas, apapun komoditi yang di jalankan wajib di jalankan dengan tekun, rajin, dan teliti. Karena bagi pecinta sabung ayam atau ayam aduan, nilai ayam Bangkok memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi apalagi di beberapa daerah Sabung ayam atau ayam aduan merupakan suatu tradisi yang  harus dipertahankan agar tidak hilang dari nilai budayanya.

Peternak yang melaksanakan kegiatan yang mendukung budaya leluhur yaitu sabung ayam atau ayam aduan selalu melakukan kegiatan sehari-hari dalam menjaga atau memelihara ayam aduan tersebut, antara lain :
  1. Melatih dan merawat calon pejantan supaya mepunyai kondisi dan bentuk tubuh yang prima.
  2. Mempersiapkan ayam betina sebagai calon induk yang kelak dapat mengahsilkan keturunan yang bermutu.
  3. Memberi pakan, air minum dan kontrol kesehatan.
  4. Mencegah gangguan binatang liar seperti ular, tikus, musang , burung, serngga dan sebagainya. Binatang-binatang liar tersebut seringkali membawa kuman-kuman dan menyebarkan wabah penyakit pada ayam.
  5. Peternak secara rutin perlu mengawasi kesehatan ayam yang sedang dipeliharanya satu per satu. Bila ada ayam yang lesu, peternak harus segera mengambil tindakan untuk mencegah bahaya penyakit yang mungkin menyerang ayam tersebut. Bila perlu ayam yang menunjukkan gejala lesu dan hilang napsu makan itu dipindahkan untuk sementara waktu ke kandang lain dan diberikan pengobatan seperlunya. Jika sudah sembuh, ia dapat dimasukkan lagi ke dalam kandang.
  6. Membuat catatan harian mengenai jumlah pemberian pakan, obat, vaksin dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengetahui besarnya biaya pemeliharaan setiap hari.
    Kegiatan ini adalah hasil informasi dari beberapa orang yang berkeyakinan jika Tips Perawatan Ayam Bangkok Aduan Sehari-hari dilakukan dengan tekun maka bukan mustahil nilai jual dari ayam Bangkok aduan ini akan semakin tinggi dan banyak orang yang berminat untuk membelinya.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga